Selasa, 03 Februari 2015

D750 Kamera Profesional Kelas Menengah

Image sensor baru, pembaruan design, dan beberapa tambahan feature baru. Apakah cukup menggantikan D700 ?

Inilah penerus sukses D700 yang sudah ditunggu-tunggu oleh para fotografer. Nikon D750 merupakan kamera full format dikelas menegah yang baru dari Nikon. Menjadikan kamera ini berada di antara model entry level D610 dan flasgship-nya D810. Nikon D750 menggunakan beberapa tools moderen

Nikon D750 menggunakan sensor full format dengan 24 Megapixel dan filter low-pass. Karenanya Nikon membangun sesuatu yang baru bukan sekedar pembaharuan dari 610. Nikon D750 membuktikan dengan nilai pengukuran yang berbeda saat diuji, yakni 100 pasang garis per tinggi gambar. Puncaknya mencapai 1860 pasang garis resolusi dan detail 1700 pasang garis pada ISO minimum. Namun, pada ISO 6400 noise pada gambar terlihat jelas di tampilan 100%

Lebih banyak dari D610
Dibandingkan dengan D610, Nikon D750 memiliki bodi yang lebih kecil, beberapa gram lebih ringan, dan terlihat memiliki bentuk yang lebih baik. Dimodel D750 juga memiliki tombol dengan fungsi ganda. Tergantung pada mode yang digunakan, seperti contoh tombol kaca pembesar bisa untuk memperkecil atau memperbesar gambar, tetapi bisa juga digunakan untuk mengatur ISO.
Tombol putar juga dilengkapi dengan penguncian dengan ditekan untuk memilih model Semi Automatic “P”, “S”, “A” dan manual “M”. Ada juga 16 pilihan refrensi lain, serta tujuh efek termasuk efek miniature didalamnya.

Full Format
Fotografer akan kehilangan feature format “S RAW” pada D750, padahal feature ini sudah tersedia di D810 dan D4S. Namun D750 dibekali layar 3.2 inci dengan sub-pixel putih untuk kontras yang lebih baik. Pengambilan gambar juga dapat mencapai 6,8 frame per second untuk 100 JPEG dan 15 format RAW dengan rapid continuous shooting di D750

Monitor dapat di-tilt pada D750 membuatnya lebih praktis saat digunakan. Memotret dengan objek posisi rendah atau angle-angle yang tidak bisa menjadi lebih mudah. Selain itu, kamera ini juga dilengkapi dengan modul wireles built-in. Feature ini memungkinkan pengguna untuk mengirim data dari ataupun ke smartphone. Pengguna juga dapat mengatur kamera secara wireless pada Nikon D750.

Fasilitas & Penggunaan
Meskipun D750 berbodi kecil dan ringan dari kamera DSLR Nikon full format lainnya, ini ada beberapa feature dan aksesoris tambahannya. Dengan pengambilan gambar continous 6,8 frame per second untuk 100 gambar JPEG dan juga autofocus pada siang hari. Dalam cahaya rendah fokus berkerja sedikit lambat bahkan sampai satu detik pada Live View. Minimum shutter speed juga mencapai 1/4000 detik.



Spotlight Mode Video
Meskipun banyak feature modern sepertinya Ultra-HD tidak tersedia di750, namun DSLR ini dapat merekam video Full HD pada memory SD card setidaknya dengan kecepatan 60 frame per detik dan juga kualitas audio stereo. Penguna harus absen dahulu untuk feature 4K pada D750. Para membuat film profesional tetap dapat menggunakan D750 untuk produksinya yang sudah disajikan dengan port mikrofon dan earphone. Selain itu juga terdapat feature pemilihan warna netral pada Picture Control serta opsi Balanced. Fokus otomatis juga terkadang terasa lambat dengan waktu 1,1 detik pada Live View. Hampir tak ada perbedaan saat pengambilan gambar siang hari maupun cahaya rendah. Untuk pengambilan gambar yang bergerak, dianjurkan untuk menggunakan fokus manual. Pengaturan melalui Wi-Fi juga masih memerlukan beberapa perbaikan. Merekam melalui smartphone juga masih menjadi angan-angan. Feature layar sentuh dan tilt menjadi salah satu keunggulannya dalam pengujian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar