Kamis, 05 Februari 2015

Lensa Tele Zoom Terbaik untuk Nikon


Lensa tele zoom membuka kreatifitas baru dengan jangkauan fokalnya yang jauh. Berikut adalah lensa zoom terbaik untuk kamera APS-C Nikon.
 
Lensa zoom cocok untuk berbagai suasana. Dalam fotografi olahraga, fotografer seringkali harus berdiri jauh dipinggir lapangan, namun dengan fokal 300mm mereka bisa memperbesar subjek  dengan nyaman. Lensa tele zoom sangat populer di travel fotografi. Mereka bisa menggunakan lensa tele untuk memotret obyek-obyek menarik.

Namun, lensa dengan jarak fokal jauh juga membuat anda memotret dari jarak jauh pula. Menggurangi kenyamanan dalam memotret portrait. Dalam praktiknya, portrait yang bagus diambil dengan fokal 150mm dan diafragma terlebar untuk mengaburkan background. Dengan demikian, pepohonan dan latar belakang terlihat blur sehingga lebih pesona objek lebih menonjol.

Apa yang harus diperhatikan dari lensa tele ?
Tidak bisa diputar : untuk lensa dengan fokus internal, tidak ada bagian yang diputar, ideal untuk dipasangkan filter
Motor khusus : Motor ultrasonic pada prinsipnya memastikan fokus bisa dilakukan dengan cepat dan senyap
Berguna : untuk memberikan fokus yang cepat, area fokus bisa diatur sebelymnya melalui ukuran jarak
Penyangga : Lensa zoom telefoto memiliki bobot yang berat, pengguna bisa memasangkan tripod ataupun monopod
Stabil : untuk lensa telefoto yang lebar, kamera mudah untuk shake/goyang. Stabilizer sangat membantu disini


Sigma 2,8 / 120-300mm DG OS HSM (S)
Lensa raksasa saat kami melihat Sigma 120-300mm. Dengan bobot 3,4kg, maka mengangkat lensa ini layaknya mengangkat barbel di GYM. Bobot itu disebabkan karena banyaknya konten gelas yang dipakai. Sigma unggul dengan kecerahan f/2.8 diseluruh jangkauan zoom-nya. Untuk menggambarkan jangkauan lensa ini, dengan diameter yang lebar, filter yang  digunakan adalah 105mm. Dalam pengujian lensa ini memiliki ketajaman yang solid dan meyakinkan dengan kualitas lensa yang dipakai. Fokusnya cepat berkat motor ultrasonik yang cepat dan senyap.

            (+) Konsisten dengan diafragma-nya, AF ultrasonic, image stabilizer
            () Bobot berat, ketajaman berkurang disudut foto, mahal




Sigma 4-5,6 / 70-300mm DG Macro
Pemenang lensa dalam kategori harga memiliki panjang sepertiga dari lensa zoom kebanyakan dan bobotnya hanya 545 gram saja. Sigma 70-300mm ini cocok untuk dibawa kemana-mana. Jarak fokalnya jika dipasangkan di kamera APS-C setara dengan 105-450mm. Lensa ini menjadi lensa yang ideal dari segi harga dan performa. Kualitas lensa sendiri tergolong impresif, auto fokusnya seringkali cepat dan tepat. Namun tentu saja ada kelemahannya, tidak ada motor ultrasonik dilensa ini, image stabilizer juga tidak tersedia. Selain itu intensitas cahayanya juga tergolong payah. Bagaimanapun, bagi yang hanya memotret disiang hari, lensa ini sudah cukup.

           (+) Efek vignyet sedikit, murah, autofokus akurat
           () Tidak ada motor AF ultrasonik, penurunan ketajaman diujung foto, tidak ada stabilizer


Tidak ada komentar:

Posting Komentar