Rabu, 04 Februari 2015

Lensa Sapu Jagat Tamron 16-300mm f/3,5-6,3 Di II VC PZD



Pabrikan Tamron mencoba berpikir jauh dengan membuat lensa 16-300mm debagai lensa super zoom yang sesuai untuk pemotretan sudut lebar atau tele zoom. Namun pertanyaannya, seperti apa hasil fotonya ?




Lensa travel zoom, banyak fotografer yang tidak menyukainya di dalam tas kamera mereka beserta perangkat kamera lainnya. Namun, lensa ini juga bisa menghemat tempat didalam tas, menyisakan fotografer tinggal membawa filter polar dan charger baterai. Selain itu, fotografer tak perlu sering gonta-ganti lensa untuk berbagai keperluan pemotretan, mulai dari sudut pandang lebar hingga zoom tele.

Walau jarak fokal yang dimiliki jauh, namun desain compact yang dibuat oleh tamron sangat banyak membantu, dimensinya hampir sama dengan lensa kelas 18-135mm atau 18-200mm. Cincin zoom dan motor piezo-drive berkerja dengan senyap cepat, dan juga akurat

Wide-angle | 1/400 sec | f/8.0 | 16.0 mm | ISO 100
Sudut Lebar yang Impresif

Sudut lebar 24mm tamron ini ideal untuk merekam foto pemandangan yang luas. Tipikal lensa zoom travel yang memiliki distorsi di sudut lebarnya 4,9% pada lensa tamron, walau tak terlalu terlihat di sisi lain, penting untuk menjaga agar panel tetap dalam pandangan. Jika memotret dalam sudut lebar, pastikan untuk menghindari area background yang keruh.
Kami mencoba dengan pengaturan ISO 1600, foto terlihat masih tajam saat diperbesar, dengan menggunakan mode exposure “A” untuk memotret. Hasilnya sekitar 70% foto terlihat tajam. Selain itu, stabilisasi gambarnya juga berkerja dengan baik.

Focus 39cm | 1/1000 sec | f/8.0 | 300.0 mm | ISO 640
Ujung lain lensa ini ketika digunakan untuk memotret makro, seperti bunga atau serangga. Sudut lebarnya memiliki ketajaman yang baik dengan performa AF yang lebih bagus. Lensa zoom ini juga dapat dipakai untuk memotret foto portait. Namun, lensa travel zoom dikenal memiliki intensitas cahaya yang rendah. Karena itu bawalah tripod saat memotret dikondisi yang kurang cahaya, seperti saat malam hari ataupun saat berjalan-jalan kedalam goa. Dalam pengujian di laboraturium, lensa Tamron ini menunjukan bahwa ia layah menjadi pesaing lensa zoom dengan jangkauan zoom lebih lebar di kelasnya. Dalam foto sudut lebar, sistem autofokusnya berkerja secara akurat. Sedikit keluhan terdapat dalam nuansa warna yang pudar dalam telefoto.

Kesimpulan
Baik dari sisi desain, handling, atau kualitas foto, lensa ini tergolong berkualitas.
Keunggulan utama lensa zoom Tamron ini adalah jangkauan fokalnya. Dibanding dengan lensa 18-270mm, lensa itu memiliki ketajaman  sedikit dibawah Tamron dalam sudut lebarnya. Focal length 16mm menjadi nilat tambah lain bagi fotografer travel ambisius, karena mereka bisa memangkas berat beban peralatan yang harus dibawa

                (+) Mudah digunakan, AF, ketajaman di sudut-sudut, stabilizer yang baik
                () Penurunan warna di tele foto, distorsi kuat dalam sudut lebar

1 komentar:

  1. mending mana
    tamron ini ato sigma 18-200mm 1:3.5-6.3 II DC OC HMS
    soalnya mau TT lensa ini takutnya masih bagusan sigma nya

    BalasHapus