Rabu, 04 Februari 2015

20 Flash Third Party Terbaik untuk Nikon


Sumber cahaya elsternal memperluas kemungkinan kreatifitas seriap fotografer. Kami menguji 20 lampu flash third party utuk kamera DSLR dan DSLM.


Kebanyakan orang yang memiliki hobi fotografi, juga para fotografer pemula, selalu berpikir bahwa dalam keadaan cahaya yang rendah serta gelap mereka sangat memerlukan flash sebagai sumber cahaya tambahan. Dengan menggunakan flash sebagai tambahan cahaya, hasil gambar dalam keadaan cahaya rendah pun terasa lebih bik. Walau demukian, dalam keadaan yang cerah pun fotografer dianjurkan untuk mengambil gmbar dengan membelakangi cahaya matahari, atau melalui bayang-bayang object.

Flash modern bekerja dengan sempurna, memungkinkan kamera mendapatkan eksposur yang ditularkan pada hotshoe dan focus yng dipilih. Bagus atu tidakny sebuah flash dapt diliht dri panjng focus yang dimiliki, panjang focus merupkan bagian penting dimna hal tersebut dapat menghasilkan kinerj yang lebih efektif.

Panduan Memilih Flash
Apa yang harus diperhatikan ?

1. Perputaran Kepala
Hal ini sangat berguna, kepala dapat diputar memmungkinkan anda untuk dapat mengubah mode dari landscape ke mode portrait. Semakin besar sudut rotasi dari kepala flash, semakin baik Flash tersebut.
2. Info – Display
Sebuah layar yang dirasa cukup untuk menampilkan pengaturan secara jelas dan mudah, sehingga pengoprasian Flash jadi lebih baik.
3. Pengaturan
Biasanya model sederhana hanya akan memiliki beberap pengaturan, sebaliknya model terbaik selalu menawarkan tingkat pengaturan yang lebih baik terutama pengaturan keseluruhan fungsi yang ada pada flash.
4. Kinerj Maksimum
Flash yang memiliki angka panduan yang besar, dipastikan merupakan flash yang memiliki tenaga dan kinerja yang baik. Hal tersebut tidak hanya dapat meningkatkan harak pendar cahaya flash, tapi juga sangat berguna ketika anda menggunakan diffuser atau memantulkan flash pada langit-langit atau plafon
5. Kontrol Nirkabel
Beberapa flash menggunakan control nirkabel atau wireless secara slave atau pasif, sementara beberapa model lain dapat digunakan baik secara slave ataupun master, model ini sangat berguna terutama ketika anda menggunakan multiple flash
6. F-assist Iluminator
Terkadang dalam kondisi dengan tingkat cahaya yang sangat rendah, cahaya tambahan diperlukan untuk membantu anda untuk mendapatkan focus pada object lebih baik. Peran AF disini adalah memberikan kontak merah sebagai penunjuk focus untuk anda


Nissin MG8000 Extreme
Cara kerja yang baik feature yang berkesan, setara memiliki kekuatan lampu kilat yang besar, itulah sedikit gambaran dari Nissin MG8000 Extreme. Dilengkapi dengan tombol empat arah serta set dibagian tengahnya, MG8000 Ekstreme juga dilengkapi dengan kapasitas pengaturan otomatis dan manual yang cukup lengkap. Berbasis tabung quartz-flash menjadikan alat ini memiliki kemampuan loading yang cukup cepat.
(+) Banyak pilihan settingan, waktu pengisian singkat
(−) Keadaan standby tingkat konsumsi daya yang tinggi
.
Metz Mecablitz 52 AF-1
Flash ini memiliki waktu loading yang singkat dengan kebutuhan daya yang lebih renda per proses flash, mengalir kedalam kategori “flash output”. Dilengkapi dengan layar yang sangat berguna, memrosesan yang solid dan operasi yang baik. Performa dan kinerja baik secara keseluruhan.
 
(+) Display baik, dapat difungsikan sebagin master/slave
(−) Keadaan standby tingkat konsumsi daya yang tinggi
Yongnuo Speedlite YN565 EX
Secara teknis Yongnuo merupakn flash yng murah namun memiliki kekuatan cahaya yang baik dan juga E-TTL yang cukup baik. Alat ini jug menawrkan support wireless slabe mode terutama untuk Canon dan Nikon. Untuk model, yongnuo merupakan model terbaik untuk sebuah flash.

(+) Kinerja yang baik, sangat fungsional, Top-Power Flash
(−) Tidak ada sinkronisasi keceptan tinggi, daya besar
Yongnuo Speedlite YN560-II 
Kebanyakan fotografer terutama di Indonesia mencari hasil tinggi namun harga murah, karakter ini hanya dapat ditemukan pada Yongnuo Speedlite YN560-II. Dengan guide number 58, cukup bisa dibandingkan dengan flash lain terutam waktu loading yang tentunya sesuai dengan kebutuhan. Dilengkapi dengan kepala yang dapat diputar, flash yang satu ini hanya dapat difungsikan sebagai slave.

(+) Kelengkapan cukup banyak, hasil sesuai dengan harga
(−) Loading lambat, tidk dapat sebagai master flash


Nissin Di700
Kinerja yang solid berkat operai untuk aksen warna yang diberikan pada layar menjadikan pengaturannya lebih jelas. Merupakan versi adik dari D1600 dan juga salah satu alternatif jika anda sangat menginginkan menggunakan versi D1600 milik Nissin. Tidak jauh berbeda hanya saja versi yang satu ini memiliki waktu loading yang cukup lama.

(+) Mudah dioperasikan, dapat sebagai master/slave
(−) Loading lambat, konsumsi daya sangat tinggi



Cara Pengujian
Penilaian berlangsung dalam dua tahap. Pertama, penguji mengambil tinjauan rinci peralatan, ruang lingkup fungsional, dan penanganan masing masing model flash. Untuk itu kami tidak hanya menguji tembakan flash tapi juga menguji secara manual. Berikut adalah mengukuran kinerja flash, karena kami tidak hanya mengandalkan panduan dari produsen. Menggunakan light meter, kami mencatat seberapa banyak cahaya yang dapat dipancarkan setiap flash hingga jangkauan maksimum yang didapat setiap flash berdasarkan aperture 1.0 selain itu kami juga mengukur waktu pengisisan, periode sampai flash dapat digunakan dan menentukan konsumsi daya pada flash dengan kekuatan penuh.

Kesipulan Hasil Test
20 Flash third party ini memiliki hasil yang cukup mengejutkan, semua merupakan rekomendasi yang sangat bagus. Alat alat tersebut merupakan solusi untuk Nikon yang biasanya cukup mahal untuk versi pabrikan. Nilai terbaik didapatkan oleh Nissin MG8000 Ekstreme dengan jarak yang cukup jauh serta kualitas output flash yang dimilikinya sangat baik. Untuk solusi murah dengan kinerja yang cukup lumayan. Biasanya baik itu pemula ataupun profesional harus merogoh kocek kantong lebih dalam untuk sekedar mendapatkan flash, semoga apa yang kami berikan bermanfaat bagi anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar