Selasa, 03 Februari 2015

Coolpix AW120 Kamera Underwater yang Tajam



Penyempurnaan terus dilakukan Nikon dalam merancang camera compact outdor dan underwater. Hasilnya performa Nikon Coolpix AW120 jauh lebih baik dari pendahulunya
Beberapakali memotret didalam air menggunakan kamera compact, selalu saja mendapatkan kendala dengan ketajaman fokus. Terlebih jika kondisi cahaya didalam air itu sangat minim. Namun, hal tersebut dapat diatasi oleh kamera compact outdor dan underwater generasi baru besutan Nikon yang hadir dimeja redaksi CFVd beberapa waktu silan.
Kamera tersebut adalah hasil inovasi dari Nikon Coolpix AW100 dan AW110. Belum lama ini, Nikon memperkenalkan Coolpix AW120 dengan lensa yang kini lebih baik dan tajam saat digunakan didalam air. Setidaknya, dalam hal sensitivitas cahaya yang lebih peka, dan waktu yang dibutuhkan saat menentukan fokus pada objek yang kini cukup cepat bila dibandingkan seri sebelumnya.
Meskipun demikian, Nikon Coolpix AW120 ini memiliki feature yang tidak jauh berbeda dari Coolpix AW110  yang rilis sejak 2013. Nikon Coolpix AW120menggunakan lensa berkualitas besutan Nikkor dengan optical zoom 4.3-21.5mm, atau setara dengan 24-120mm pada format 35mm. Dengan menggunakan lensa ber-aperture f/2.8 disudut lebar, kinerja lensa Nikkor tersebut lebih optimal saat digunakan didalam air, khususnya saat kondisi cahaya yang masuk sedikit. Namun, saat memaksimalkan tele-nya, bukaan aperture tersebut semakin turun hingga f/4. Ketika memotret dikedalaman 1 meter, autofokus masih berkerja dengan baik. Namun, harus diakui, saat memotret hingga kedalaman 3 meter, dengan kondisi cahaya yang semakin sedikit, auto fokusnya mengalami kendala untuk membaca fokus dengan cepat.
Sementara itu penggunaan ISO besar didalam air sedikit menimbulkan masalah khususnya detail yang mulai hilang dan noise yang juga terlihat jelas. Walau demikian penggunaan iso 400 masih cukup baik. Kendala noise mulai terlihat dari ISO 1600, khususnya jika menggunakan perpanjangan ISO hingga 6400. Karena itu, untuk penggunakan didalam air guna mendapatkan hasil yang optimal, tidak ada salahnya menggunakan bantuan flash internal yang sudah tersedia.
Nikon Coolpix AW120 ini, menawarkan resolusi 16 Megapixel dengan sensor CMOS sebesar 1/2,3 inci yang performanya cukup teruji dalam menghasilkan gambar yang cukup baik, bahkan saat terpaksa harus menggunakan digital zoom maximal.
Bagi anda yang gemar beraktivitas ekstreme baik outdor maupun underwater, Nikon Coolpix AW120 ini akan sangat membantu dalam mendapatkan scane-scane terbaik dalam petualangan anda. Hal tersebut berlaku juga bagi para fotografer pemula yang ingin berlibur kepegunungan, pantai, laut atau untuk sekedar menangkap keceriaan di kolam renang, karena Coolpix AW120 sangat mudah digunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar